ANALISIS PROSES BERPIKIR MAHASISWA SANATA DHARMA ASAL MAPPI DALAM MEMECAHKAN MASALAH PADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT
Keywords:
Proses berpikir, pemecahan masalahAbstract
Pembelajaran matematika merupakan pembelajaran yang lebih menekankan pada pemecahan masalah. Proses berpikir seseorang memiliki peran penting dalam memecahkan masalah. Proses berpikir merupakan suatu proses yang terjadi didalam otak yang dimulai dari menerima informasi, mengolah dan menyimpannya dalam ingatan kemudian selanjutnya mengambil kembali ingatan tersebut saat dibutuhkan untuk pengolahan selanjutnya. Oleh karena itu, salah satu peran pendidik adalah membantu peserta didik mengungkapkan bagaimana proses yang berjalan dalam pikirannya ketika memecahkan masalah. Hal ini dibutuhkan untuk mengetahui kesalahan berpikir yang terjadi dan merapikan jaringan pengetahuan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir mahasiswa dalam memecahkan masalah pada materi operasi bilangan bulat. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Mappi program studi PGSD. Objek penelitian ini adalah proses berpikir mahasiswa Sanata Dharma asal Mappi dalam memecahkan masalah pada materi operasi bilangan bulat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebagai berikut 1) Mahasiswa belum memahami secara benar kaidah atau aturan dalam operasi penjumlahan dan pengurangan yang melibatkan bilangan bulat negatif, 2) Mahasiswa dapat membuat model matematika dari masalah yang diberikan dengan baik dan benar. Mahasiswa mampu mengartikan kata dalam masalah dengan operasi yang sesuai.