ANALISIS PROSES KOGNITIF MAHASISWA SANATA DHARMA ASAL KABUPATEN MAPPI BERDASARKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI PECAHAN
Keywords:
Kognitif, Pemecahan MasalahAbstract
Mempelajari matematika dapat membekali untuk menyelesaikan masalah nyata yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Proses kognitif yang merupakan proses-proses mental atau aktivitas pikiran akan menjadi penting ketika dihadapkan kepada persoalan-persoalan yang menuntut kemampuan berpikir. Pentignya pemecahan masalah dalam pembelajaran juga disampaikan oleh National Council of Teacher of Mathematics (NCTM). Ketika diberikan soal terutama soal cerita yang menuntut kemampuan berpikir, mahasiswa Mappi mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah tersebut karena tidak memahami maksud dan tujuan dari masalah yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses kognitif mahasiswa Mappi berdasarkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi pecahan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah (1) berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah menurut NCTM untuk soal nomor 1 ada 6 mahasiswa yang memenuhi semua indikator, 3 mahasiswa yang memenuhi 2 indikator, dan 1 mahasiswa yang memenuhi 1 indikator dan berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah menurut NCTM untuk soal nomor 2 ada 2 mahasiswa yang memenuhi semua indikator, 2 mahasiswa yang memenuhi 2 indikator, dan 5 mahasiswa yang memenuhi 1 indikator, (2) Mahasiswa Mappi belum dapat menggunakan matematika secara bermakna karena dalam operasi matematika yang dilakukan masih terdapat kesalahan dalam menghitung tetapi mahasiswa dapat memodelkan masalah yang diberikan ke dalam model matematika. Kemudian mahasiswa tidak dapat menjelaskan hasil sesuai permasalahan asal walaupun jawaban perhitungan matematikanya benar.