EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALY, REPETATION (AIR) DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN LECTORA INSPIRE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK KELAS X

Authors

  • Nena Hanika FPMIPATI, Program Studi Pendidikan Matematika
  • Agung Handayanto FPMIPATI, Program Studi Pendidikan Matematika
  • Rina Dwi Setyawati FPMIPATI, Program Studi Pendidikan Matematika

Keywords:

AIR, TGT, Lectora Inspire, Hasil belajar

Abstract

Siswa menganggap permasalahan matematika sulit dan membingungkan dari segi pertanyaan. Sehingga siswa merasa tidak termotivasi dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Serta penggunaan pembelajaran konvensional dan kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran akan berdampak pada hasil belajar matematika.Untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa digunakan model pembelajaran AIR dan TGT berbantuan Lectora Inspire.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran AIR dan TGT berbantuan Lectora Inspire terhadap hasil belajar siswa, terdapat atau tidak terdapat perbedaan antara rata-rata hasil belajar siswa yang mendapatkan pengajaran dengan model pembelajaran AIR dan TGT berbantuan Lectora Inspire dan pembelajaran konvensional.Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMK Negeri 2 Semarang. Dengan menggunakan cluster random sampling diperoleh tiga kelas sebagai sampel penelitian ini. Pada analisis data awal digunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji anava. Pada analisis data akhir digunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji anava, uji anava lanjut, dan uji regresi linear sederhana.Hasil analisis diperoleh bahwa ketiga kelas berdistribusi normal, homogen, dan terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa dari ketiga kelas. Rata-rata hasil belajar siswa pada kelas yang diberi perlakuan lebih baik dari pembelajaran konvensional. Tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang diberi perlakuan. Terdapat pengaruh motivasi siswa terhadap hasil belajar siswa pada kelas yang diberi perlakuan. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran AIR dan TGT berbantuan Lectora Inspire efektif digunakan dalam pembelajaran.

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Hanika, N., Handayanto, A., & Setyawati, R. D. (2019). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALY, REPETATION (AIR) DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN LECTORA INSPIRE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK KELAS X. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4, 73–84. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/42

Issue

Section

Articles