EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, AND INTELLECTUAL (SAVI) BERBANTU KARTU SOAL TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA
Keywords:
SAVI, Kartu Soal, Representasi MatematisAbstract
Representasi metematis adalah cara yang digunakan siswa dalam menyajikan gagasan matematika sebagai bentuk pengganti dalam menyelesaikan masalah matematika yang berupa gambar, kata-kata (verbal), tulisan, tabel dan grafik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran SAVI berbantu Kartu soal dan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Juwana. Melalui cluster random sampling terpilih sampel penelitian yaitu VIII I sebagai kelas eksperimen 1 dan VIII H sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan tes. Analisis data yang digunakan: (1) uji t; (2) uji ketuntasan belajar; dan (3) uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan antara model SAVI dan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan representasi matematis siswa; (2) model pembelajaran SAVI berbantu Kartu soal lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan representasi matematis siswa.