EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, AND INTELLECTUAL (SAVI) BERBANTU KARTU SOAL TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA

Authors

  • Anita Setyani Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi Informasi, Universitas PGRI Semarang
  • Nizaruddin Nizaruddin Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi Informasi, Universitas PGRI Semarang
  • Rizky Esti Utami Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi Informasi, Universitas PGRI Semarang

Keywords:

SAVI, Kartu Soal, Representasi Matematis

Abstract

Representasi metematis adalah cara yang digunakan siswa dalam menyajikan gagasan matematika sebagai bentuk pengganti dalam menyelesaikan masalah matematika yang berupa gambar, kata-kata (verbal), tulisan, tabel dan grafik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran SAVI berbantu Kartu soal dan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Juwana. Melalui cluster random sampling terpilih sampel penelitian yaitu VIII I sebagai kelas eksperimen 1 dan VIII H sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan tes. Analisis data yang digunakan: (1) uji t; (2) uji ketuntasan belajar; dan (3) uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan antara model SAVI dan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan representasi matematis siswa; (2) model pembelajaran SAVI berbantu Kartu soal lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan representasi matematis siswa.

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Setyani, A., Nizaruddin, N., & Utami, R. E. (2019). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, AND INTELLECTUAL (SAVI) BERBANTU KARTU SOAL TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4, 127–134. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/50

Issue

Section

Articles