EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DAN MODEL DISCOVERY LEARNING (DL) BERBANTU MACROMEDIA FLASH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII
Keywords:
Prestasi belajar, Project Based Learning, Discovery Learning, Macromedia FlashAbstract
Dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran matematika, maka diperlukan cara yang tepat dalam penyampaian materi dengan suasana tetap menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Project Based Learning berbantu Macromedia Flash dan model Discovery Learning berbantu Macromedia Flash terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kedungwuni tahun pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel sebanyak tiga kelas, yaitu dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Desain penelitian ini adalah Quasi Experiment Design. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji ANAVA satu jalan sel tak sama, uji Scheffe’, dan uji ketuntasan belajar. Data hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang menggunakan model Project Based Learning berbantu Macromedia Flash, model Discovery Learning berbantu Macromedia Flash, dan model konvensional. Prestasi belajar siswa yang menggunakan model Project Based Learning berbantu Macromedia Flash dan model Discovery Learning berbantu Macromedia Flash lebih baik dari prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Prestasi belajar siswa yang menggunakan model Project Based Learning berbantu Macromedia Flash sama baiknya dengan prestasi belajar siswa yang menggunakan model Discovery Learning berbantu Macromedia Flash. Prestasi belajar siswa yang menggunakan model Project Based Learning berbantu Macromedia Flash dan model Discovery Learning berbantu Macromedia Flash mencapai KKM secara klasikal.