EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING) BERBANTU GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP
Keywords:
Kemampuan Pemecahan Masalah, REACT, GeoGebraAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Apakah model pembelajaran REACT berbantu GeoGebra lebih baik daripada model pembelajaran konvensional. (2) Apakah model pembelajaran REACT berbantu GeoGebra mencapai ketuntasan belajar klasikal. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Walisongo 1 Semarang. Sampel dari penelitian ini adalah sebanyak dua kelas yaitu kelas VIII A dan VIII C. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) model pembelajaran REACT berbantu GeoGebra lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SMP. (2) kemampuan pemecahan masalah siswa SMP yang mendapat pembelajaran REACT berbantu GeoGebra mencapai ketuntasan belajar klasikal.