EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING) BERBANTU GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP

Authors

  • Alifia Shabrina Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi Informasi, Universitas PGRI Semarang
  • Rasiman Rasiman Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi Informasi, Universitas PGRI Semarang
  • Rizky Esti Utami Fakultas Pendidikan MIIPA dan Teknologi Informasi, Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah, REACT, GeoGebra

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Apakah model pembelajaran REACT berbantu GeoGebra lebih baik daripada model pembelajaran konvensional. (2) Apakah model pembelajaran REACT berbantu GeoGebra mencapai ketuntasan belajar  klasikal. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Walisongo 1 Semarang. Sampel dari penelitian ini adalah sebanyak dua kelas yaitu kelas VIII A dan VIII C. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) model pembelajaran REACT berbantu GeoGebra lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SMP. (2) kemampuan pemecahan masalah siswa SMP yang mendapat pembelajaran REACT berbantu GeoGebra mencapai ketuntasan belajar klasikal.

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Shabrina, A., Rasiman, R., & Utami, R. E. (2019). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING) BERBANTU GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4, 146–151. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/52

Issue

Section

Articles