EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Keywords:
Think Pair Share, Problem Based Learning, Macromedia Flash, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantu macromedia flash, model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu macromedia flash terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 1 Batangan. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian yang digunakan yaitu kelas X IPS 3, X IPA 5, dan X IPS 3. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes kemampuan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantu macromedia flash dan model pembelajaran PBL berbantu macromedia flash dan model pembelajaran konvensional; (2) model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantu macromedia flash lebih baik dari pada konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa; (3) model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu macromedia flash lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa; (4) model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantu macromedia flash mempunyai pengaruh yang sama pada model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu macromedia flash terhadap hasil belajar matematika siswa; (5) hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantu macromedia flash dan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu macromedia flash dapat mencapai KKM.