PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS BUDAYA MELAYU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ABSTRAKSI MATEMATIS
Keywords:
Kemampuan Abstraksi Siswa, LKSAbstract
Lembar kerja siswa (LKS) adalah salah satu sarana yang digunakan untuk mempermudah penyampaian suatu tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan lembar kerja siswa (LKS) berbasis budaya Melayu untuk meningkatkan kemampuan abstraksi siswa. Penelitian ini dilakukan pada daerah Melayu Sumatera Utara, tepatnya di salah satu SMP di Perbaungan, Serdang bedagai. Jenis penelitian ini adalah Penelitian pengembangan tipe 4D yang terdiri atas 4 tahapan yaitu 1)Defining, 2) Designing, 3) Developing dan 4)Disseminating. Adapun instrumen penelitian ini adalah lembar Validasi dan Keterbacaan LKS , Lembar Aktivitas siswa, Angket respon siswa, serta tes kemampuan abstraksi. LKS berbasis budaya melayu ini layak digunakan dengan nilai validasi tim ahli rata –rata 4,2. Nilai keterbacaan LKS sebesar 83,12 % dengan katagori mudah di fahami oleh pembaca. Kepraktisan LKS ini dalam pembelajaran sebesar 85,2% dengan katagori bagus. Kemudian peningkatan kemampuan abstraks matematis siswa sebesar 0,63 dengan katagori peningkatan yang tinggi. Hasil respon siswa terhadap LKS berbasis budaya melayu ini adalah 86,45 % memiliki respon yang positif.