PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA BERBAHAN BEKAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP

Authors

  • Yohanes Ovaritus Jagom Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, UNWIRA Kupang
  • Irmina Veronika Uskono Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, UNWIRA Kupang

Keywords:

media pembelajaran, alat peraga berbahan bekas, prestasi belajar matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menggunakan alat peraga berbahan bekas serta untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan alat peraga berbahan bekas terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas VIIID SMP Negeri 12 Kupang. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi pelaksanaan pembelajaran dan tes prestasi belajar matematika. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program SPSS versi 22. Berdasrkan hasil analisis pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan alat perga berbahan bekas tergolong baik. Selanjutnya pengujian hipotesis, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas untuk data pretest dan posttest. Dari hasil analisis data pretest dan data posttest  diperoleh bahwa kedua data tersebut berdistribusi normal. Selanjutnya pengujian hipotesis menggunakan paired sample test, setelah data dianalisis diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 dan thitung = 17,697 > 2,080 = ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan alat peraga berbahan bekas terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Kupang. Hasil penelitian ini menunjukkan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga berbahan bekas berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika.

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Jagom, Y. O., & Uskono, I. V. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA BERBAHAN BEKAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4, 212–216. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/60

Issue

Section

Articles