PENGEMBANGAN MEDIA E-COMIC DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA
Keywords:
Pengembangan, Media e-Comic, Model Pembelajaran CTL, Pemecahan Masalah MatematisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, tingkat kepraktisan, tingkat kevalidan, dan keefektifan media e-Comic dengan model pembelajaran CTL(Contextual Teaching and Learning) untuk meningkatkan kemampuan masalah matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian R&D dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementasi, Evaluation. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pati tahun ajaran 2018/2019. Dengan memilih dua kelas yaitu kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan VII G sebagai kelas kontrol. Sebelum diujicobakan bahan ajar terlebih dahulu dilakukan uji validasi oleh ahli media, ahli materi dan ahli desain media. Hasil dari validasi ahli media, materi, desain media, respon siswa dan respon guru berkriteria baik, yaitu untuk ahli media diperoleh 93,33%, ahli desain media pembelajaran 80,88 %, ahli materi diperoleh 87,3%. Media tersebut layak untuk digunakan. serta respon guru 87,5%, dan respon siswa 87,05%. Media tersebut praktis untuk digunakan. Dari perhitungan Uji N-Gain untuk kelas eksperimen maupun kontrol memiliki NGain skor rata-rata yang berbeda yaitu 0,419 dan 0,132. Selanjutnya dilakukan Uji homogenitas digunakan uji Barllet diperoleh dan . Dengan demikian harga , yaitu maka Ho diterima, artinya varians-variansnya sama. Untuk pengujian hipotesis penelitian digunakan uji-t satu pihak diperoleh dan dimana , maka Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan media e-Comic dengan model pembelajaran CTL lebih baik daripada kemampuan pemecahan matematis siswa siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.