PROSES KONEKSI MATEMATIS MAHASISWA BERGAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA

Authors

  • Khafidhoh Nurul Aini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Darul Ulum Lamongan
  • Heny Ekawati Haryono Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Darul Ulum Lamongan

Keywords:

proses koneksi, field dependent, pemecahan masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses koneksi matematis mahasiswa dengan gaya kognitif Field Dependent dalam memecahkan masalah matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif eksploratif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Darul Ulum Lamongan dan Universitas Muhammadiyah Malang. Subjek penelitian dipilih berdasarkan instrumen Group Embedded Figures Test (GEFT). Tes GEFT ini digunakan untuk mengelompokkan mahasiswa berdasarkan gaya kognitif yang dimiliki yakni gaya kognitif field dependent dan gaya kognitif field independent. Subjek yang diambil dalam penelitian ini difokuskan pada mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field dependent. Proses koneksi matematis dilihat dari hasil wawancara dan jawaban tertulis subjek penelitian dalam memecahkan masalah berdasarkan langkah–langkah Polya. Langkah-langkah Polya meliputi (1) memahami masalah (understand the problem), (2) merumuskan suatu rencana penyelesaian (device a plan), (3) melaksanakan rencana penyelesaian (carry out the plan), (4) mengecek kembali (look back). Proses koneksi matematis masing-masing subjek penelitian akan dideskripsikan dalam bentuk narasi dan disajikan dalam bentuk mapping atau bagan proses koneksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian yaitu mahasiswa yang memiliki gaya kognitif Field Dependent belum mampu melakukan koneksi internal dan koneksi eksternal dengan baik pada tiap tiap tahap pemecahan masalah.

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Aini, K. N., & Haryono, H. E. (2019). PROSES KONEKSI MATEMATIS MAHASISWA BERGAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4, 275–282. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/67

Issue

Section

Articles