IMPLEMENTASI LESSON STUDY MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL KELAS VIII

Authors

  • Eko Andy Purnomo FMIPA, Universitas Muhamadiyah Semarang
  • Ratna Zumrotussaidah FMIPA, Universitas Muhamadiyah Semarang
  • Venissa Dian Mawarsari FMIPA, Universitas Muhamadiyah Semarang
  • Martyana Prihaswati FMIPA, Universitas Muhamadiyah Semarang

Keywords:

Lesson Study, Think Pair Share, Kontekstual, Pemecahan masalah

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya percaya diri dan keaktifan peserta didik serta rendahnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik disebabkan pembelajaran yang masih menggunakan model pembelajaran ekspositori. Mengimplementasikan lesson study model pembelajaran think pair share dengan pendekatan kontekstual merupakan salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui implementasi lesson study dengan model pembelajaran think pair share melalui pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah, percaya diri dan keaktifan peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan populasi seluruh kelas  VIII SMP Negeri 1 Limbangan. Sampel penelitian yaitu kelas VIII A, VIII B, dan VIII C dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Variabel bebas dalam penelitian adalah percaya diri dan keaktifan, sedangkan variabel terikat adalah kemampuan pemecahan masalah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, observasi, angket, tes evaluasi, uji ketuntasan, uji pengaruh, dan uji beda rata-rata. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1). kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi sistem persamaan linier dua variabel dapat mencapai ketuntasan, 2). terdapat pengaruh percaya diri dan keaktifan terhadap kemampuan pemecahan masalah, 3). terdapat perbedaan rata-rata peserta didik yang mengimplementasikan lesson study model pembelajaran think pair share dengan pendekatan kontekstual dengan peserta didik yang menggunakan pembelajaran ekspositori.

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Purnomo, E. A., Zumrotussaidah, R., Mawarsari, V. D., & Prihaswati, M. (2019). IMPLEMENTASI LESSON STUDY MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL KELAS VIII. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4, 301–308. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/70

Issue

Section

Articles