EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL GROUP INVESTIGATION BERBANTU MACROMEDIA FLASH TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS
Keywords:
Model problem based learning, Model group investigation, pemahaman konsep matematisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model problem based learning dan model group investigation berbantu macromedia flash terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis kelas VIII. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster sampling dan terpilih tiga kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen I, kelas VIII B sebagai kelas eksperimen II, dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Analisis dalam penelitian ini yaitu melalui hasil posttest kemampuan pemahaman konsep matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang menggunakan model problem based learning berbantu macromedia flash, model group investigation berbantu macromedia flash dan model pembelajaran konvensional. 2) Kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang mendapatkan model problem based learning berbantu macromedia flash lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional. 3) Kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang mendapatkan model group investigation berbantu macromedia flash lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional. 4) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang menggunakan model problem based learning berbantu macromedia flash dengan model group investigation berbantu macromedia flash. 5) Kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang mendapatkan model problem based learning berbantu macromedia flash dan model group investigation berbantu macromedia flash mencapai KKM secara klasikal. 6) Terdapat pengaruh kemampuan berpikir analisis peserta didik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis pada model problem based learning berbantu macromedia flash. 7) Terdapat pengaruh kemampuan berpikir analisis peserta didik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis pada model group investigation berbantu macromedia flash. Sehingga pembelajaran menggunakan model problem based learning dan model group investigation berbantu macromedia flash terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis efektif.