EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL GROUP INVESTIGATION BERBANTU MACROMEDIA FLASH TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Authors

  • Siti Ikomatul Laili FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
  • Sudargo Sudargo FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
  • FX. Didik Purwosetiyono FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Model problem based learning, Model group investigation, pemahaman konsep matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model problem based learning dan model group investigation berbantu macromedia flash terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis kelas VIII. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster sampling dan terpilih tiga kelas yaitu kelas     VIII A sebagai kelas eksperimen I, kelas VIII B sebagai kelas eksperimen II, dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Analisis dalam penelitian ini yaitu melalui hasil posttest kemampuan pemahaman konsep matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang menggunakan model problem based learning berbantu macromedia flash, model group investigation berbantu macromedia flash dan model pembelajaran konvensional. 2) Kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang mendapatkan model problem based learning berbantu macromedia flash lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional. 3) Kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang mendapatkan model group investigation berbantu macromedia flash lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional. 4) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang menggunakan model problem based learning berbantu macromedia flash dengan model group investigation berbantu macromedia flash. 5) Kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang mendapatkan model problem based learning berbantu macromedia flash dan model group investigation berbantu macromedia flash mencapai KKM secara klasikal. 6) Terdapat pengaruh kemampuan berpikir analisis peserta didik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis pada model problem based learning berbantu macromedia flash. 7) Terdapat pengaruh kemampuan berpikir analisis peserta didik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis pada model group investigation berbantu macromedia flash. Sehingga pembelajaran menggunakan model problem based learning dan model group investigation berbantu macromedia flash terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis efektif.

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Laili, S. I., Sudargo, S., & Purwosetiyono, F. D. (2019). EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL GROUP INVESTIGATION BERBANTU MACROMEDIA FLASH TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4, 309–317. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/71

Issue

Section

Articles