EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP

Authors

  • Destiana Tri Rahmawati FPMIPATI, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Kartinah Kartinah FPMIPATI, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Dina Prasetyowati FPMIPATI, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Keywords:

Efektivitas, Problem Based Learning, Kemampuan pemecahan masalah matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran  Problem-Based Learning (PBL) ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian true experimental design di kelas VIII  SMP Negeri 1 Kedungwuni. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah post test only control design . Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling dengan sampel kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen  (PBL), dan VIII E sebagai kelompok kontrol (Konvensional). Pengumpulan data yang dilakukan berupa, dokumentasi, tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan observasi keakifan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model PBL lebih baik daripada model Konvensional; (2) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapatkan model PBL mencapai KKM (3) terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model PBL dan model Konvensional; (4) terdapat pengaruh positif antara keaktifan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model PBL.

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Rahmawati, D. T., Kartinah, K., & Prasetyowati, D. (2019). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4, 388–392. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/84

Issue

Section

Articles