EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP
Keywords:
Efektivitas, Problem Based Learning, Kemampuan pemecahan masalah matematisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian true experimental design di kelas VIII SMP Negeri 1 Kedungwuni. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah post test only control design . Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling dengan sampel kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen (PBL), dan VIII E sebagai kelompok kontrol (Konvensional). Pengumpulan data yang dilakukan berupa, dokumentasi, tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan observasi keakifan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model PBL lebih baik daripada model Konvensional; (2) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapatkan model PBL mencapai KKM (3) terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model PBL dan model Konvensional; (4) terdapat pengaruh positif antara keaktifan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model PBL.