EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS XI SMK ANTONIUS SEMARANG
Keywords:
Efektifitas, Problem Based Learning, Learning Cycle 5E, Geogebra, Pemahaman Konsep Matematis SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran PBL dan model pembelajaran LC5E berbantuan Geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI SMK Antonius Semarang yang terdiri dari 4 kelas dengan 4 jurusan, yaitu: jurusan AK, MM, BDP dan OTKP tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling, siswa SMK Antonius Semarang kelas XI yang tersebar dalam 4 kelas dengan 4 jurusan, akan dipilih tiga kelas secara acak (random), didapatkan kelas AK, MM, dan OTKP sabagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, tes, dan observasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah Uji Normalitas Distribusi, Uji Homogenitas, Uji Anava, Uji Pasca Anava (Metode Scheffe’), Uji Persamaan Regresi Linear Sederhana, dan Uji Ketuntasan Individual Klasikal. Kesimpulan hasil analisis tersebut diperoleh: (1) ada perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL dan LC5E berbantuan Geogebra dan model konvenional, (2) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL berbantuan Geogebra lebih baik dari pada model konvensional, (3) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran LC5E berbantuan Geogebra lebih baik dari pada model konvensional, (4) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL berbantuan Geogebra sama baiknya dengan model pembelajaran LC5E berbantuan Geogebra, (5) ada pengaruh keaktifan siswa pada model pembelajaran PBL dan LC5E berbantuan Geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, (6) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapat model pembelajaran PBL dan LC5E berbantuan Geogebra mencapai KKM.