EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK PADA MATERI PERSAMAAN LINGKARAN
Keywords:
efektivitas, Problem Based Learning, hasil belajarAbstract
Efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu kahoot terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK pada materi persamaan lingkaran. Penelitian ini mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model PBL berbantu kahoot dan model konvensional. Jenis penelitian adalah eksperimen semu. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI SMK Khozinatul Ulum Todanan yang berjumlah 10 kelas sebanyak tiga kelas menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas XI AP1 sebagai eksperimen I (PBL berbantu kahoot) dan kelas XI AP3 sebagai kelas kontrol (metode ceramah). Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t dan uji ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantu kahoot lebih efektif daripada pembelajaran konvensional yang dibuktikan dengan uji t pihak kanan. Pembelajaran matematika menggunakan model Problem Based Learning berbantu kahoot tuntas secara individual maupun klasikal.