EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK PADA MATERI PERSAMAAN LINGKARAN

Authors

  • Santi Novita Sari Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi Informasi, Universitas PGRI Semarang
  • Ali Shodiqin Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi Informasi, Universitas PGRI Semarang
  • Achmad Buchori Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi Informasi, Universitas PGRI Semarang

Keywords:

efektivitas, Problem Based Learning, hasil belajar

Abstract

Efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu kahoot terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK pada materi persamaan lingkaran. Penelitian ini mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model PBL berbantu kahoot dan model konvensional. Jenis penelitian adalah eksperimen semu. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI SMK Khozinatul Ulum Todanan yang berjumlah 10 kelas sebanyak tiga kelas menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas XI AP1 sebagai eksperimen I (PBL berbantu kahoot) dan kelas XI AP3 sebagai kelas kontrol (metode ceramah). Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t dan uji ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantu kahoot lebih efektif daripada pembelajaran konvensional yang dibuktikan dengan uji t pihak kanan. Pembelajaran matematika menggunakan model Problem Based Learning berbantu kahoot tuntas secara individual maupun klasikal.

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Sari, S. N., Shodiqin, A., & Buchori, A. (2019). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK PADA MATERI PERSAMAAN LINGKARAN. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4, 441–446. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/92

Issue

Section

Articles