EKSPLORASI KEMAMPUAN DISPOSISI MATEMATIS MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIK PADA PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS GEOGEBRA

Authors

  • Hanifah Nurus Sopiany FKIP Pendidikan Matematika, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nita Hidayati FKIP Pendidikan Matematika, Universitas Singaperbangsa Karawang

Keywords:

Eksplorasi, Disposisi Matematis, Bahan Ajar berbasis GeoGebra

Abstract

Menjadi guru matematika profesional dapat di wujudkan dengan memiliki kecakapan pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik dalam matematika. Kajian penelitian ini menekankan pada aspek afektif dengan terfokus pada disposisi matematis mahasiswa pendidikan matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode wawancara dan pemberian angket disposisi matematis yang terdiri dari tujuh aspek penilaian, yaitu: (1) kepercayaan diri, (2) fleksibilitas, (3) kemauan untuk tekun, (4) minat, (5) Kecenderungan untuk memantau dan mencerminkan, (6) menilai penerapan matematika, (7) apersepsi terhadap peran matematika. Pemberian angket diberikan setelah mahasiswa menggunakan bahan ajar berbasis GeoGebra, sedangkan wawancara diberikan pada saat mengkonfirmasi hasil angket untuk mengeksplorasi disposisi matematis mahasiswa. Analisis data penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah 3 orang mahasiswa pendidikan matematika semester 2 UNSIKA. Pemilihan subjek diambil secara cluster random.  Hasil penelitian ini adalah adanya deskripsi karakteristik yang baik pada setiap aspek penilaian disposisi matematis yang dimiliki mahasiswa setelah menggunakan bahan ajar berbasis GeoGebra pada materi laju perubahan.

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Sopiany, H. N., & Hidayati, N. (2019). EKSPLORASI KEMAMPUAN DISPOSISI MATEMATIS MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIK PADA PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS GEOGEBRA. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4, 462–467. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/95

Issue

Section

Articles