PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS VISUAL BASIC APPLICATION DAN TRIGGERS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS II SD

Authors

  • Aries Tika Damayani
  • Intan Rahmawati
  • Kiswoyo Kiswoyo

Keywords:

: Multimedia interaktif, visual, application dan triggers

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan produk pengembangan multimedia interaktif berbasis visual basic application dan triggers dan Untuk mengetahui kelayakan multimedia Penelitian interaktif berbasis visual basic application dan triggers berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1)Bagaimanakah karakteristik pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif pitung berbasis Visual Basic Application dan Triggers pada mata pelajaran Matematika kelas II? (2) Bagaimanakah kevalidan dan kepraktisan penerapan pengembangan multimedia interaktif pitung berbasis Visual Basic Application dan Triggers pada mata pelajaran Matematika kelas II? . Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Pelaksanaan Research and Development terdiri dari dua prosedur yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan.  Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE, merupakan singkatan dari Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Penelitian ini menghasilkan produk berupa multimedia interaktif berbasis visual basic application dan triggers pada mata pelajaran Matematika kelas II. Hasil penelitian  dapat dijelaskan sebagai berikut : Berdasarkn indikator  kelayakan multimedia interaktif berbasis visual basic application dan triggers diperoleh hasil validasi ahli materi menunjukkan hasil jumlah skor sebesar 63 dengan persentase 92%, “sangat layak ”.  Hasil validasi oleh ahli media berdasarkan kriteria kelayakan multimedia interaktif berbasis visual basic application dan triggers diperoleh skor sebesar 58 dengan persentase 74%, dengan kategori “layak”. Dari hasil evaluasi nilai siswa terlihat bahwa rata-rata kelas yang diperoleh siswa sudah baik yaitu sebesar 75. Nilai median sebesar 80 dan modus 75. Kesimpulan  : (1) Proses pengembangan multimedia interaktif berbasis visual basic application dan triggers ini dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE, dengan  hasil yang sesuai dengan yang diharapkan. (2)  Multimedia interaktif berbasis visual basic application dan triggers layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep pembelajaran matematika siswa kelas 2 SD.

Downloads

Published

2020-09-24