KEEFEKTIFAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENTS BERBANTU MEDIA KOPER KATA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 1 SD MUHAMMADIYAH 01 KANDANGPANJANG PEKALONGAN
Keywords:
Model Team Games Tournaments dengan Media Koper Kata, Kemampuan Membaca.Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat keefektifan model pembelajaran team games tournaments berbantu media koper kata terhadap kemampuan membaca siswa kelas I. Jenis penelitian kuantitatif. Pupulasi pada penelitian seluruh siswa kelas 1 SD Muhammadiyah 01 Kandangpanjang Pekalongan. Metode penelitian yang digunakan yaitu pre-experimental design dengan bentuk one-group pretest-posttest design. Pemerolehan data diambil keteki proses pembelajaran dan pemberian pretest-postest. Hasil penelitian menunjukan peningkatan terhadap kemampuan membacas siswa. Hal tersebut dibuktikan dari hasil hipotesis menggunkan uji paired t-tes dengan taraf 5% yaitu sebanyak 7,959 dan sebanyak 1,729, maka membuktikan > sehingga ditolak dan diterima. Dapat disimpulkan bahwa adanya keefektifan model team games tournaments berbantu media koper kata terhadap kemampuan membaca siswa kelas I SD Muhammadiyah 01 Kandangpanjang Pekalongan”.