Peningkatan Pembelajaran Matematika materi FPB melalui Media Sandal FPB dalam Penerapan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) pada siswa kelas IV Pembelajaran secara daring
Keywords:
Media Sandal FPB, peningkatan hasil belajar, Contextual Teaching And LearningAbstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan penerapan model contextual teaching and learning pembelajaran matematika materi FPB menggunakan Media Sandal FPB siswa kelas IV SDN Palebon 01 Semarang tahun 2020 meningkat. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV B SDN Palebon 01 Semarang yang berjumlah 35 siswa dari 16 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan data dalam penelitian in didapatkan dari observasi, dokumentasi dan test dalam menyampaikan materi Matematika di kelas. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi Teknik analisis data yaitu soal pre test dan post test dibuktikan dengan nilai rata-rata aktivitas belajar yang meningkat dari siklus I (45) dan siklus II (80). Hasil peningkatan belajar siswa pada setiap siklus juga meningkat dengan hasil penilaian siklus I menunjukkan 23 % sebanyak 8 siswa tuntas dan pada siklus II naik menjadi 91% sebanyak 32 siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan agar guru untuk melakukan inovasi pembelajaran dengan menggabungkan model contextual teaching and learning dengan media pembelajaran agar semakin menyenangkan dan bermakna bagi siswa.