IMPLEMENTASI METODE TEGAK LURUS UNTUK ME-NYELESAIKAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS IV di SDN REJOSARI 03 SEMARANG
Keywords:
Metode tegak lurus, hasil belajarAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode tegak lurus untuk menyelesaikan pemecahan masalah matematika kelas IV di SDN Rejosari 03 Semarang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan true eksperimental design jenis posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Rejosari Semarang yang berjumlah 46 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelompok siswa kelas IVA sebagai kelas kontrol berjumlah 23 siswa dan IVB sebagai kelas eksperimen berjumlah 23 siswa. Pengumpulan data kemampuan pemecahan masalah matematika dilakukan dengan teknik wawancara,observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis diperoleh dengan α= 5% dan db = n1 + n2 – 2 = 44 diperoleh. Jadi, yaitu maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga penerapan metode tegak lurus efektif untuk menyelesaikan pemecahan masalah matematika kelas IV di SDN Rejosari 03 Semarang. Nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 81,04 lebih tinggi daripada rata-rata kelas kontrol yaitu 70,43. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi metode tegak lurus efektif untuk menyelesaikan pemecahan masalah matematika kelas IV di SDN Rejosari 03 Semarang.