Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Masa Pandemi
Keywords:
pola asuh, motivasi belajar, pembelajaran daring.Abstract
Abstrak
Pembelajaran dalam jaringan merupakan hal baru untuk beberapa siswa yang secara akses dan konektivitas jaringan belum memadai. Pembelajaran dalam jaringan memerlukan upaya yang tepat dan maksimal sehingga tidak mengaburkan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai sesuai kurikulum 2013. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua terhadap motivasi siswa selama belajar di rumah melalui daring di masa pandemi ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelatif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier antara pola asuh orang tua (variabel prediktor) terhadap motivasi belajar (variabel kriteria). Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa serta terdapat hubungan positif antara pembelajaran daring terhadap motivasi siswa. Simpulan dalam penelitian ini adalah adanya hubungan yang positif antara pola asuh atau bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring di rumah selama pandemi.