PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 GUNUNGJATI BANJARNEGARA

Authors

  • Febyana Dwi Hastuti
  • Ervina Eka Subekti
  • Aries Tika Damayani

Keywords:

Pendidikan, Orang Tua, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua
terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1
Gunungjati. Sampel penelitian ini adalah kelompok siswa kelas IVdi SD Negeri 1
Gunungjati. Pengumpulan data menggunakan data sekunder untuk mengetahui
tingkat pendidikan orang tua dan prestasi belajar siswa. Data yang diperoleh
dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis
hasil analisis regresi linier sederhana dengan uji-t perhitungan regresi ttabel < thitung
atau 2,093 <7,856 sehingga H0 ditolak maka kesimpulan thitung signifikan jadi
tingkat pendidikan orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas IV
SD Negeri 1 Gunungjati. Data yang diperoleh dari nilai determinasi sebesar 0,774
membuktikan bahwa variabel tingkat pendidikan orang tua memang berpengaruh
besar terhadap prestasi belajar yang diperoleh oleh siswa yaitu sebesar 77,4 %.

Downloads

Published

2020-07-30