MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTU MEDIA GAMBAR DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTOR SISWA KELAS V MATERI ZAT TUNGGAL DAN ZAT CAMPURAN

Authors

  • Muhamad Rizqi Amridzal Luthfi Universitas PGRI Semarang
  • Fajar Cahyadi Universitas PGRI Semarang
  • Sukamto Sukamto Universitas PGRI Semarang

Keywords:

TGT, media gambar, kemampuan psikomotor

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi siswa masih kesulitan dalam melakukan percobaan dan rendahnya nilai keterampilan siswa kelas V pada tema 9 (Benda-benda di sekitar kita) materi zat tunggal dan zat campuran SDN 02 Pojok, serta guru yang belum menggunakan model pembelajaran inovatif serta keterbatasan media yang dimiliki sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media gambar dalam mengembangkan kemampuan psikomotor siswa materi zat tunggal dan zat campuran kelas V SDN 02 Pojok. Hasil persentase nilai observasi psikomotorik siswa sebelum perlakuan dengan rata-rata 55%, dan setelah diberi perlakuan diperoleh rata-rata 76%.  Hasil ketuntasan belajar klasikal posttest yaitu 75%  lebih baik dan meningkat dibandingkan dengan pretest yaitu 31,25%. Rata-rata pretest dan posttest terdapat perbedaan yaitu diperoleh 58,13 dan 70,94. Hasil analisis data penelitian uji hipotesis t-test diperoleh   ( maka  ditolak  diterima. Kesimpulannya adalah bahwa model Team Games Tournament efektif dalam mengembangkan kemampuan psikomotor siswa materi zat tunggal dan zat campuran kelas V SDN 02 Pojok.

Downloads

Published

2019-10-24

Issue

Section

Articles