PEMELAJARAN DOTS MENGAWAL PERKEMBANGAN GENERASI ALPHA PADA ERA KECERDASAN BUATAN DALAM INDUSTRI 4.0 DENGAN PENGUATAN ETIKA AKADEMIK
Keywords:
generasi alpha, etika akademik, HOTS, DOTS, kecerdasan buatan, pendidikan karakterAbstract
Telah terjadi beberapa kali revolusi pendidikan yang bermuara pada pemelajaran HOTS dalam era kecerdasan buatan. Pemelajaran HOTS merupakan keniscayaan, kecerdasan buatan yang mekanis menjadi tuntutan, perlu dikawal dengan pemelajaran etika akademik yang organis, karena etika akademik memiliki karakteristik holistik-komprehensif: paduan antara karakter individu dan sosial; nilai emosional-spiritual dan akademik-intelektual; etos ilmu pengetahuan universalism, communism, disinterestedness, organized scepticism dan pembentukan ilmu secara resilence, resourcefulness, serta reflection; menuntut kemandirian, integritas, kolaborasi, toleransi, dan nasionalitas. Pengembangan etika akademik di perguruan tinggi menjadi dasar dan tujuan pemelajaran HOTS/DOTS, pengawal perkembangan kecerdasan buatan (AI) bagi generasi alpha yang berkarakter, sebab ada kemungkinan suatu saat kita akan kehilangan kendali terhadap sistem AI.