ANALISIS PERAN KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU (KKG) BAGI KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU SEKOLAH DASAR DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI GUGUS MT HARYONO

Authors

  • Nur Khasanah Universitas PGRI Semarang
  • Riris Setyo Sundari UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Henry Januar Saputra UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Keywords:

Kelompok Kerja Guru, Kompetensi Profesionalisme Guru SD

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana peran kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) bagi kompetensi profesionalisme guru SD dalam implementasi kurikulum 2013 di Gugus MT. Haryono Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif jenis deskriptif dengan subjek penelitian adalah 15 guru SD anggota kegiatan KKG di Gugus MT. Haryono. Berdasarkan analisis data yang diperoleh menunjukkan kegiatan KKG dapat bermanfaat bagi kompetensi profesionalisme guru SD dalam implementasi kurikulum 2013. Pembinaan dari pengawas Daerah Binaan, Kepala Sekolah, dan diskusi bersama teman sejawat dan pemandu serta melalui kegiatan simulasi KKG dapat menunjang kemampuan guru yang meliputi: (1) mengelola program belajar mengajar yang meliputi menyusun RPP dan merumuskan RPP, menyusun dan mengembangkan silabus, (2) menguasai landasan-landasan pendidikan, (3) memahami teknik evaluasi untuk menilai prestasi siswa guna kepentingan pengajaran, (4) mengenal dan menyelenggarakan administrasi sekolah, (5) memahami prinsip-prinsip dan mentafsirkan hasil-hasil penelitian pendidikan, (6) menguasai bahan, (7) mengelola interaksi belajar yang meliputi pemahaman peserta didik, (8) dalam pelaksanaan pembelajaran yang meliputi penggunaan media dan sumber belajar, metode, serta mengelola kelas, dan (9) mengatasi kesuitan-kesulitan belajar peserta didik. Faktor yang dapat mendukung kegiatan KKG adalah faktor organisasional dan faktor individual. Sedangkan faktor yang dapat menghambat kegiatan KKG adalah fisik dan pekerjaan serta faktor sosial dan organisasi.

Downloads

Published

2019-10-24

Issue

Section

Articles