KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 8 SUBTEMA 2 KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU KELAS IV SD N BATUKALI JEPARA

Authors

  • Ervina Fatmawati UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Wijonarko Wijonarko UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Ferina Agustini UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Keywords:

Team Assisted Individualization, Hasil Belajar, Kelas IV

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan model Team Assisted Individualization dalam meningkatkan hasil belajar pada Tema 8 Subtema 2 Keunikan Daerah Tempat Tinggalku. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, dimana data dalam penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistika. One group pretest posttest design  merupakan jenis design yang dipilih dan subjek penelitian yang digunakan hanya satu kelas yaitu kelas IV SD N Batukali Jepara. Pengumpulan data diperoleh melalui tes hasil belajar, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Nilai rata-rata pretest yaitu 60,17 dan posttest  yaitu 84,83. Berdasarkan uji-t dalam standar 5% diketahui thitung lebih besar dari ttabel (11,0286 > 2,045) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Ketuntasan belajar klasikal yaitu sebesar 93,3% dinyatakan tuntas dan 6,7%  dinyatakan tidak tuntas. Sehingga disimpulkan bahwa model pembelaran Team Assisted Individualization efektif terhadap hasil belajar siswa pada tema 8 subtema 2 keunikan daerah tempat tinggalku kelas IV SD N Batukali Jepara.

Downloads

Published

2019-10-24

Issue

Section

Articles