ANALISIS KELAYAKAN BUKU AJAR SISWA KELAS VI SD BERDASARKAN KURIKULUM 2013

Authors

  • Yoga Adistya Sri Lesmoyo UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Keywords:

Analisis, Kelayakan Buku Ajar, Kurikulum 2013

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kelayakan buku ajar siswa kelas VI SD berdasarkan Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan desain penelitian kualitatif. Metode penelitian tersebut dipilih untuk menjawab tujuan penelitian yaitu mendiskripsikan kelayakan buku ajar. Teknik pengumpulan data menggunakan metode pengamatan (observasi) yaitu dengancara melakukan analisis langsung terhadap buku ajar. Aspek kelayakan yang diamati meliputi: (1) kelayakan isi; (2) kelayakan bahasa; (3) kelayakan penyajian; dan (4) kelayakan kegrafikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Buku Ajar yang mengacu pada Kurikulum 2013 revisi 2017  layak untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas VI SD dengan skor 48 dari 64 skor maksimal. Adapun skor masing-masing aspek adalah: (1) kelayakan isi memperoleh skor 11; (2) kelayakan bahasa memperoleh skor 14; (3) kelayakan penyajian memperoleh 13; dan kelayakan kegrafikan memperoleh skor 10.

 

Downloads

Published

2019-10-24

Issue

Section

Articles