PENERAPAN MODEL CONCEPT SENTENCE BERBANTU MEDIA KARTU KUARTET UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS V SD NEGERI SADENG 01 SEMARANG

Authors

  • Armita Agung Amalia UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Ikha Listyarini UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Choirul Huda UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Keywords:

model concept centence, media kartu kuartet, keterampilan menulis, teks deskripsi

Abstract

Latar belakang yang mendasari penelitian ini peneliti ingin mengetahui bagaimana penerapan model concept sentence berbantu media kartu kuartet untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas V SD Negeri Sadeng 01 Semarang. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas V SD Negeri Sadeng 01 Semarang melalui model concept sentence berbantu media kartu kuartet. Sebelumnya siswa sulit untuk menangkap penjelasan dari guru, kurang menguasai kemampuan dasar menulis kalimat dikarenakan dalam kegiatan belajar guru belum menggunakan model pembelajaran yang bervariatif. Guru kurang melibatkan siswa secara langsung dalam pemanfaatan media pemelajaran. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Sadeng 01 Semarang sebagai kelas eksperimen yang memiliki jumlah 26 siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan Pre Experimental Design bentuk one pretest-posttest design. Design ini terdapat pretest, sebelum diberi perlakuan dan posttest setelah adanya perlakuan.

Downloads

Published

2019-10-24

Issue

Section

Articles