Analisis Kemampuan Membaca Siswa Kelas II C Sekolah Dasar Negeri Gisikdrono 02 Semarang

Authors

  • Erma Yulia Saputri UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Riris Setyo Sundari UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Zainal Arifin UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Keywords:

Analisis, Kemampuan Membaca, Kelas II SD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca siswa kelas II C SDN Gisikdrono 02 Semarang dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat kemampuan membaca siswa kelas II C SDN Gisikdrono 02 Semarang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kemampuan membaca siswa. Sampel yang diambil yaitu 4 siswa, 2 siswa sudah lancar membaca dan 2 siswa belum lancar membaca. Data yang diperoleh dari hasil wawancara guru, siswa, dan orangtua diolah dengan cara triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas II C SDN Gisikdrono 02 Semarang yang berjumlah dua puluh delapan anak, dua diantaranya belum mampu membaca dengan lancar dan dua puluh enam siswa lainnya sudah mampu membaca dengan lancar. Siswa yang belum mampu membaca dengan lancar hanya mampu membaca beberapa suku kata dengan benar dan masih mengeja, sedangkan untuk siswa yang sudah membaca lancar mampu membaca suku kata, kata, kalimat dengan benar dan lancar. Kemampuan membaca siswa kelas II C SDN Gisikdrono 02 Semarang sudah masuk dalam tahap membaca permulaan.

 

Downloads

Published

2019-10-24

Issue

Section

Articles