KEEFEKTIFAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA BERBANTU MEDIA DHAKON TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD KHUSUMA BHAKTI SEMARANG
Keywords:
Pendekatan PMRI, Media Dhakon, Kemampuan Pemecahan Masalah MatematikaAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mngetahui keefektifan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia berbantu media dhakon terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV SD Kusuma Bhakti Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian true experimental design dengan jenis pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Kusuma Bhakti Semarang Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel yang digunakan sejumlah 70 siswa, 35 siswa kelas IV A dan 35 siswa kelas IV B dengan menggunakan teknik nonprobability sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan melalui tes. Hasil analisis dengan menggunakan uji t diketahui t > t (2.169>1.995) maka H ditolak dan H diterima. Diperoleh rata-rata uji ketuntasan belajar klasikal (KBK) kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol yaitu 91% > 86%. Kesimpulannya bahwa pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia berbantu media dhakon efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV SD Kusuma Bhakti Semarang.