KEEFEKTIFAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA BERBANTU MEDIA DHAKON TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD KHUSUMA BHAKTI SEMARANG

Authors

  • Siti Muslimah UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Ervina Eka Subekti UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • A.Y Soegeng Ysh UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Keywords:

Pendekatan PMRI, Media Dhakon, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mngetahui keefektifan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia berbantu media dhakon terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV SD Kusuma    Bhakti Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian true experimental design dengan jenis pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Kusuma Bhakti Semarang Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel yang digunakan sejumlah 70 siswa, 35 siswa kelas IV A dan 35 siswa kelas IV B dengan menggunakan teknik nonprobability sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan melalui tes. Hasil analisis  dengan  menggunakan  uji  t  diketahui t >  t  (2.169>1.995) maka H ditolak dan H diterima. Diperoleh rata-rata uji ketuntasan belajar  klasikal   (KBK) kelas  eksperimen lebih  besar  daripada  kelas  kontrol yaitu 91% > 86%.    Kesimpulannya bahwa pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia berbantu media dhakon efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah     matematika siswa kelas IV SD Kusuma Bhakti Semarang.

Downloads

Published

2019-10-24

Issue

Section

Articles