MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBANTU MEDIA POSTER POSTER EDUKATIF TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR LOGIS

Authors

  • Hisyam Novian Maulana UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Fajar Cahyadi UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Arfilia Wijayanti UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Keywords:

Inquiry, keterampilan berpikir logis, poster edukatif

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh keterampilan berpikir logis siswa yang masih rendah, dikarenakan pembelajaran dari yang berpusat pada guru dan siswa tidak terbiasa untu menemukan pemecahan dalam menghadapi permasalahan yang dihadapi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan pretest dan posttest dengan  menerapkan model Inquiry berbantuan poster edukatif terhadap keterampilan berpikir logis siswa SDN 03 Sarwodadi?. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan melakukan wawancara, observasi dan nilai harian. Penelitian ini menggunakan desain Pre Experimental Design dengan jenis one group pretest & posttest. Hasil analisis uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 5,498 dan ttabel sebesar 2,093. Jadi, nilai thitung > ttabel. Artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan keterampilan berpikir logis pretest dan posttest dengan menerapkan model pembelajaran Inquiry berbantu poster edukatif SDN 03 Sarwodadi.

Downloads

Published

2019-10-24

Issue

Section

Articles