PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING BER-BANTU VIDEO HIDUP SEHAT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA TEMA SEHAT ITU PENTING KELAS V SDN WLAHAR 02 BREBES

Authors

  • Dewi Mulyaningtias UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Sukamto Sukamto UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Ervina Eka Subekti UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Keywords:

Mind Mapping, Video Hidup Sehat, Pemahaman konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran mind mapping berbantu video hidup sehat efektif terhadap pemahaman konsep siswa tema sehat itu penting. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan quasi experimental bentuk non equivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN Wlahar 02 Brebes Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel yang diambil adalah 40 siswa, 20 siswa kelas VA sebagai kelas eskperimen dan 20 siswa kelas VB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan teknik wawancara, dokumentasi dan tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis dengan uji-t dapat diketahui  t hitung = 3,221 dengan α = 5% dan dk = 20 + 20 – 2 = 38 diperoleh t tabel  = 2,021. Jadi t hitung  > t tabel  yaitu 3,221 > 2,021  maka H0 ditolak Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Mind Mapping dengan video hidup sehat efektif terhadap pemahaman konsep siswa tema sehat itu penitng kelas V SDN Wlahar 02 Brebes.

Downloads

Published

2019-10-24

Issue

Section

Articles