PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA SDN DI GUGUS GAJAH MADA TALUN PEKALONGAN

Authors

  • Muhammad Bagus Riskiawan UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Maryadi Maryadi UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Keywords:

PENGUASAAN KOSAKATA, BAHASA INDONESIA, KEMAMPUAN MENULIS, KARANGAN NARASI

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar masih belum sesuai harapan. Permasalahan yang di kaji dalam penelitian ini adalah hubungan positif dan signifikan antara penguasaan kosakata Bahasa Indonesia dengan kemampuan menulis karangan narasi siswa, dan pengaruh yang signifikan terhadap penguasaan kosakata Bahasa Indonesia terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis korelasional. Penelitian dilakukan di sekolah dasar Gugus Gajah Mada Talun Pekalongan, melibatkan 57 siswa kelas IV dari populasi 143 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan terdapat: (1) hubungan penguasaan kosakata Bahasa Indonesia dengan kemampuan menulis karangan narasi siswa sebesar 0,8817; dan (2) pengaruh penguasaan kosakata Bahasa Indonesia terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa sebesar 78%. Simpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan penguasaan kosakata Bahasa Indonesia terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa baik secara langsung maupun tidak langsung.

 

Downloads

Published

2019-10-24

Issue

Section

Articles