IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD NEGERI 01 PURWOREJO SRAGI PEKALONGAN

Authors

  • Mas Amah Tul Islami UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Riris Setyo Sundari UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Zainal Arifin UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Keywords:

implementasi, pendidikan karakter, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter, implementasi pendidikan karakter, dan hambatan dalam mengimplementasikan pendidikan karakter pada pembelajaran tematik di kelas IV SD N 01 Purworejo.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 01 Purworejo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen utama adalah peneliti dengan menggunakan alat bantu berupa pedoman observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter terdiri atas perencanaan dan pelaksanaan. Perencanaan pembelajaran yang digunakan dibuat oleh guru sendiri. Dalam hal pelaksanaan, guru mengimplementasikannya melalui kegiatan pembelajaran dan metode pembelajaran, kegiatan spontan, penanaman kedisiplinan, serta menciptakan suasana yang kondusif. Dalam pembelajaran tematik guru mengembangkan dan menanamkan enam nilai karakter yang dikembangkan oleh Kemendiknas. Hambatan yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter adalah keterbatasan sarana prasarana berupa media pembelajaran, metode pembelajaran, penilaian sikap, dan faktor keluarga.

Downloads

Published

2019-10-24

Issue

Section

Articles