PENGARUH METODE BERCERITA BERBANTU BONEKA TANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR DILIHAT DARI KEMAMPUAN LOGIKA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR
Keywords:
metode bercerita, hasil belajar, kemampuan logikaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kolerasi antara kemampuan logika siswa dengan hasil belajar siswa kelas III SDN 04 Klego Pekalongan dan perbedaan hasil belajar siswa antara siswa yang kemampuan logika tinggi dengan siswa yang kemampuan logika rendah kelas III SDN 04 Klego Pekalongan. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif Pre-Experimental design dengan one group pretest posttest design. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. . Penelitian ini dilakukan di SDN 04 Pekalongan Tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada kolerasi antara metode bercerita berbantu boneka tangan dengan hasil belajar siswa dilihat dari kemampuan logika siswa kelas III SDN 04 Klego Pekalongan dan berdasarkan hasil uji regresi pengaruhnya sebesar 49,68%, serta terdapat rata-rata antara siswa yang kemampuan logikanya tinggi dengan siswa yang kemampuan logikanya rendah dengan dibuktikannya perhitungan hasil uji t diperoleh ttabel = 2,09 sedangkan thitung = 1,436 dengan t1-1/2 α dengan taraf signifikan sebesar 5%. Sehingga thitung > ttabel atau 1,436 < 2,09. Hal ini menunjukkan bahwa metode bercerita berbantu boneka tangan berpengaruh terhadap hasil belajar dilihat dari kemampuan logika.