PENGARUH METODE BERCERITA BERBANTU BONEKA TANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR DILIHAT DARI KEMAMPUAN LOGIKA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Authors

  • Aminatus Zahro UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Djoko Purnomo UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Eka Sari Setianingsih UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Keywords:

metode bercerita, hasil belajar, kemampuan logika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  mengetahui kolerasi antara kemampuan logika siswa dengan hasil belajar siswa kelas III SDN 04 Klego Pekalongan dan perbedaan  hasil belajar siswa antara siswa yang kemampuan logika tinggi dengan siswa yang kemampuan logika rendah kelas III SDN 04 Klego Pekalongan. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif Pre-Experimental design dengan one group pretest posttest design. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. . Penelitian ini dilakukan  di SDN  04 Pekalongan Tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada kolerasi antara metode bercerita berbantu boneka tangan dengan hasil belajar siswa dilihat dari kemampuan logika siswa kelas III SDN 04 Klego  Pekalongan dan berdasarkan hasil uji regresi pengaruhnya sebesar 49,68%, serta terdapat rata-rata antara siswa yang kemampuan logikanya tinggi dengan siswa yang kemampuan logikanya rendah dengan dibuktikannya perhitungan hasil uji t diperoleh ttabel = 2,09 sedangkan  thitung = 1,436 dengan  t1-1/2 α dengan taraf signifikan sebesar 5%. Sehingga  thitung > ttabel atau 1,436 < 2,09. Hal ini menunjukkan bahwa metode bercerita berbantu boneka tangan berpengaruh terhadap hasil belajar dilihat dari kemampuan logika.

Downloads

Published

2019-10-24

Issue

Section

Articles