HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI KEPUTRAN 06 PEKALONGAN KOTA PEKALONGAN

ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR

Authors

  • Dhimas Oeka Aji Wicaksana UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Singgih Adhi Prasetyo UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Ferina Agustini UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Keywords:

IPA, KKM, Faktor yang Mempengaruhi

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah terdapat 5 siswa yang mendapatkan nilai mata pelajaran IPA, penelitian ini dilaksanakan diSD Negeri Keputran 06 Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi hasil belajar mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri Keputran 06 Pekalongan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dan catatan lapangan. Hasil yang dilakukan dengan cara pendeskripsian ditemukan bahwa faktor yang mempengaruhi keberhasilan hasil belajar siswa yang mendapat nilai diatas KKM diantaranya  lingkungan sekolah yaitu siswa senang membaca materi IPA, siswa selalu bertanya jika masih terdapat pelajaran yang belum mereka pahami, lingkungan keluarga yaitu siswa yang mendapat nilai diatas KKM orang tua selalu menyuruh untuk menata buku sebelum tidur, pulang sekolah tepat waktu, lingkungan masyarat siswa yang mendapat nilai diatas KKM sepulang sekolah tidak bermain dengan teman dirumahnya. Sedangkan faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yang mendapat nilai dibawah KKM diantaranya lingkungan sekolah yaitu siswa tidak senang dengan pelajaran IPA, selain itu siswa juga kurang aktif bertanya jika masih terdapat materi pelajaran yang belum jelas, siswa lebih antusias jika pembelajaran dilakukan diluar kelas, lingkungan keluarga yaitu siswa pulang sekolah tidak tepat waktu, lingkungan masyarakat hampir sebagaian siswa bermain dengan temanya dirumah. Faktor pendukung lainnya yaitu pada faktor internal atau diri sendiri yang meliputi jasmani, psikologis, dan kelelahan. Faktor jasmani antara lain : siswa yang mendapat nilai diatas KKM maupun dibawah KKM bersemangat jika badan terasa sehat, namun siswa yang mendapat nilai dibawah KKM merasa pusing dengan pelajaran IPA sedangkan siswa yang mendapat nilai diatas KKM tidak. Faktor psikologis antara lain: siswa yang mendapat nilai diatas KKM tidak merasa bingung dengan pelajaran IPA dan merespon pertanyaan yang diajukan oleh guru, sedangkan anak yang mendapat nilai dibawah KKM merasa bingung dengan materi pelajaran IPA dan tidak merespon pertanyaan yang diberikan guru. Faktor kelelahan antara lain: siswa yang mendapat nilai dibawah KKM maupun diatas KKM merasa tidak bersemangat jika badan terasa lelah, bosan, dan konsentrasi menurun.

Downloads

Published

2019-10-24

Issue

Section

Articles