MAINAN¬ EDUKASI OCTAGONAL SNAKE LADDER PENDUKUNG VIRTUAL EDUCATION YANG MENINGKATKAN PEMAHAMAN GEOMETRI DAN BILANGAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Keywords:
bilangan, geometri, ulartanggaAbstract
Minat belajar siswa memiliki pengaruh terhadap pembelajaran dan dapat menumbuhkan rasa ingin tahu peserta didik terhadap Matematika. Oleh karena itu masalah yang dikaji dalam penelitian ini yakni 1) bagaimana cara pembuatan dan penggunaan mainan edukatif Octagonal Snake Ladder? 2) apa manfaat dimainkannya Octagonal Snake Ladder oleh siswa Sekolah Dasar? Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni Library Research danResearch and Development (R&D). Cara pembuatan mainan edukatif Octagonal Snake Ladder tidaklah sulit namun memerlukan peralatan canggih untuk mencetaknya. Cara siswa memainkannya cukup mudah dan menyesuaikan dadu yang digunakan. Terdapat sebelas macam jaring-jaring kubus yang digunakan sebagai pola dadu dan tiga macam dadu yaitu 1, 2, 3, 4, 5, 6; 0, 1, 2, 3, 4, 5; dan -1, -2, -3, -4, -5, -6. Digunakan dua dadu untuk bermain, kedua dadu positif, salah satu positif dan salah satunya negatif, atapun keduanya negatif. Pada mainan ini terdapat dadu positif dan negatif yang akan melatih siswa dalam menjumlahkan bilangan positif dan negatif. Sistem bongkar pasang dan penggunaan berbagai macam jaring-jaring kubus sebagai pola dadu pada mainan edukatif ini juga membantu siswa lebih mengenal bangun ruang sehingga pengetahuannya mengenai geometri dapat lebih bertambah dan dapat menjadi mainan edukasi yang mendukung virtual education.