ANALISIS NILAI KEPERCAYAAN DIRI SISWA PADA KELAS MENGGAMBAR KLUB MERBY SEMARANG
Keywords:
kepercayaan diri siswa, kelas menggambarAbstract
Analisis Nilai Kepercayaan Diri Siswa Pada Kelas Menggambar Klub Merby Semarang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Seklah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I, Ratna Wahyu Pusari, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II, Rofian, S.Pd., M.Pd. Agustus 2019.
Latar belakang pada penelitian ini adalah (1) Era globalisasi menuntut setiap anak disiapkan untuk bersaing dan mengekspresikan nilai nilai yang ada dalam diri seorang anak dalam hal ini kepercayaan diri yang menjadi bekal menghadapi zaman yang terus berkembang seperti sekarang ini, (2) Percaya diri menjadi aspek penting dalam perkembangan siswa di sekolah maupun kehidupan mendatang.
Fokus penelitiannya adalah bagaimana kepercayaan diri pada kelas menggambar Klub Merby Semarang. Dengan menganalisis dan mendeskripsikan permasalahan pada kelas menggambar peneliti bisa memfokuskan permasalahan dan menghasilkan penelitian yang relevan dan objektif sehingga pada penyusunan skripsi bisa maksimal dan mempunyai bukti yang kuat untuk melandasinya.
Hasil penelitian ini adalah nilai kepercayaan diri pada kelas menggambar setiap anak memiliki kemampuan perkembangan dan kepercayaan diri berbeda-beda. Dalam pembelajaran di kelas kepercayaan diri siswa dapat terlihat, dan guru berperan daalam perkembangan siswa dalam kemampuan menggambar dan pembentukan kepercayaan diri pada siswa.
Saran untuk sanggar Klub Merby Berdasarkan pengalaman saat pelaksanaan penelitian, secara berkelanjutan guru perlu terus melakukan peningkatan mutu pada kemampuan menggambar dan peningkatan kepercayaan diri untuk agar tetap bisa terus meningkatan prestasi sanggar Klub Merby Semarang.