MEMAHAMI HIDUP SEHAT MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBASIS POLA HIDUP SEHAT DAN PEMBIASAAN HIDUP SEHAT TERHADAP LINGKUNGAN SMP NEGERI 30 SEMARANG
Keywords:
problem solving learning, hidup sehat, siswaAbstract
Penelitian tindakan sekolah ini berlatar belakang siswa belum memahami hidup sehat, banyak siswa dalam pembelajaran merasa pusing, mual, dsb. Bahkan ketika upacara bendera beberapa siswa pinsan, Untuk itu kami pimpinan SMP N 30 Semarang berusaha mencari solusi dengan mengadakan penelitian tindakan sekolah dengan judul Memahami Hidup Sehat Melalui Pembelajaran Problem Solving Berbasis Pola Hidup Sehat Dan Pembiasaan Hidup Sehat terhadap Lingkungan SMP N 30 Semarang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah dengan melaksanakan pembelajaran problem solving berbasis pola hidup sehat dan melakukan pembasaan hidup sehat, dapat meningkatkan pemahaman siswa akan hidup sehat. Penelitian ini terdiri 3 siklus, setiap siklus terdiri 4 langkah, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Selama penelitian kami dibantu oleh 2 orang observer. Data diambil dari skor penilaian RPP, observasi guru, dan aktivitas siswa dalam pembiasaan hidup sehat terhadap lingkungan sekolah. Hasil dari penelitian ini setelah pembelajaran problem solving berbasis pola hidup sehat dan pembiasaan hidup sehat adalah skor penilaian RPP 85%, observasi guru 92%, pemahaman siswa 88%, dan dan pembiasaan hidup sehat 80%. Hal ini menjukkan ada peningkatan setiap aspek pengamatan, artinya pembelajaran problem solving berbasis pola hidup sehat serta pembiasaan hidup sehat di sekolah berhasil secara signifikan.