MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BER-BASIS ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PEMBELAJARAN IPA TENTANG KLASIFIKASI MATERI KELAS VIIF SISWA SMP NEGERI 30 SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2018/ 2019

Authors

  • Dwi Djoko Kristiono SMP N 30 Semarang

Keywords:

Problem Based Learning, Active Knowledge Sharing, proses pembelajaran

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran yang selama ini belum berjalan sesuai harapan, sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa menurun. Untuk itu penulis mengambil judul penelitian “Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran Problem Based Learning berbasis Active Knowledge Sharing Pembelajaran IPA tentang Klasifikasi Materi Kelas VIIF Siswa SMP Negeri 30 Semester Gasal Tahun pelajaran 2018/ 2019”. Penelitian dilakukan selama 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 langkah, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menerapkan Problem Based Learning berbasis Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIIF siswa SMP Negeri 30 Semarang. Siklus I dilaksanakan setelah guru mempersiapkan pembelajaran. Pembelajaran selama penelitian diamati oleh  2 orang observer. Hasil pengamatan setelah pembelajaran adalah siswa tuntas belajar sebanyak 84%, belum tuntas 16%, siswa aktif 78%, siswa kurang aktif 15%, dan proses pembelajaran 88%. Berdasarkan pengamatan terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa, terdapat perkembangan yang signifikan. Ini disebabkan karena guru telah melakukan pembenahan dalam proses pembelajaran menggunakan Problem Based Learning berbasis Active Knowledge Sharing, dan langkah tersebut telah berhasil mengatasi permasalahan yang ada.

Downloads

Published

2019-10-24

Issue

Section

Articles