IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI LITERASI BACA-TULIS BERBASIS BUDAYA SEKOLAH KELAS 5 SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN SEMARANG TENGAH KOTA SEMARANG
Keywords:
Gerakan Literasi Sekolah, Literasi baca-tulis berbasis budaya sekolah.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui pelaksanaan GLS dan wujud pelaksanaan GLS dalam mengoptimalkan kemampuan literasi baca-tulis berbasis budaya sekolah kelas V Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Semarang Tengah kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah di ; SDN Karangkidul, SDN Pekunden, dan SDN Miroto. Sumber data penelitian yaituKepala sekolah dan guru kelas V. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan angket. Untuk menguji keabsahan data menggunakan cara triangulasi. Metode analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Tiga tahap kegiatan yang dilakukan adalah pra-lapangan, tahap kegiatan lapangan, analisis data, dan penulisan laporan. Secara ringkas hasil penelitian ini adalah 2. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, secara menyeluruh mengenai implementasi GLS dan pelaksanaan literasi baca-tulis berbasis budaya kelas V sekolah di sekolah Dasar Negeri Kecamantan Semarang Tengah Kota Semarang masing masing memperoleh hasil persentase yaitu 95,45% dan 77,78%. Hal ini menunjukkan bahwa pelaksanaan GLS yang optimal mampu mengoptimalkan literasi baca-tulis berbasis budaya sekolah kelas V di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang. Hal ini tentu butuh kerjasama yang baik antara semua individu, warga sekolah, dan elemen publik agar mereka menjadi penyangga dan penjaga keberadaan dan kemajuan budaya baca-tulis.