Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Scientific Approach Bermuatan Nilai Kewirausahan Untuk Siswa Kelas IV

Authors

  • Ika Silfiana Arifatul Khoiriyah Universitas Ngudi Waluyo
  • Alifia Cahya Wicaksani Universitas Slamet Sri

Keywords:

Lembar kerja siswa, Scientific Approach, Nilai Kewirausahaan

Abstract

Pengenalan awal kewirausahaan yang bertujuan untuk membentuk karakter wirausaha anak, yaitu kepemimpinan, optimisme dan pengambilan risiko. Nilai-nilai kewirausahaan ini perlu dimasukkan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Salah satu komponen penting dalam pembelajaran tematik adalah bahan ajar. Lembar kerja siswa berbasis manfaat dapat dibuat dengan menjadikannya bahan ajar yang menarik bagi siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan lembar kerja dengan pendekatan ilmiah dengan nilaikewirausahaan pada tema karya ini adalah metode penelitian dan pengembangan dengan model 4D (Define, Design, Develop and Disemination). Hasil dari penelitian ini adalah: (1) pengembangan lembar kerja siswa dengan pendekatan ilmiah dengan nilai kewirausahaan pada tema berbagai pekerjaan. Hasil penilaian kelayakan oleh para ahli materi mendapatkan skor rata-rata 174,5 dengan skor rata-rata 3,71 yang termasuk dalam kategori sangat layak. Penilaian kelayakan oleh para pakar media mendapat skor rata-rata 115 dengan skor rata-rata 3,96 yang termasuk dalam kategori sangat layak. Serta jumlah rata-rata skor 105,2 diperoleh dari penilaian siswa dengan nilai rata-rata 3,5 yang termasuk dalam kategori sangat layak sebagai bahan ajar dan dalam persentase kategori sangat layak 100%.

Downloads

Published

2019-10-24

Issue

Section

Articles