PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA UNTUK SISWA KELAS 3 SEKOLAH DASAR NEGERI WUJIL 01 BERGAS
Keywords:
Modul, Matematika, Siswa SDAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul matematika yang lebih interaktif yang layak untuk digunakan sebagai penunjang bahan ajar siswa kelas 3 Sekolah Dasar Negeri Wujil 01 Bergas. Oleh karena itu perlunya pengembangan modul matematika untuk para siswa agar lebih bermakna bagi siswa. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dan pengembangan dari Borg dan Gall, 1989 (dalam Sukmadinata, 2011) langkah-langkah yang ditempuh dalam penelitian ini meliputi: 1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi awal, 2) perencanaan, 3) pengembangan draf produk awal, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi hasil uji coba lapangan awal, 6) uji coba lapangan utama, 7) revisi hasil uji coba lapangan utama, 8) uji coba operasional; 9) revisi produk akhir; dan 10) diseminasi dan implementasi dengan populasi penelitian sebanyak 28 orang siswa. Dalam penelitian ini, langkah-langkah penelitian dan pengembangan hanya dilaksanakan sampai tahap revisi produk hasil uji coba terbatas. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan waktu dan keahlian peneliti untuk melakukan tahap-tahap selanjutnya. Produk yang dihasilkan dari pengembangan ini adalah bahan ajar matematika sebagai penunjang bahan ajar siswa kelas 3 SD Negeri Wujil 01 Bergas. Hasil dari penelitian ini adalah modul matematika layak digunakan pada peserta didik kelas 3 SD Negeri Wujil 01 Bergas.