ANALISIS EKPRESI KREATIVITAS SENI LUKIS PADA PEMBELAJARAN SENI RUPA DI KELAS V SD 03 BANJAREJO KABUPATEN BLORA

Authors

  • Teguh Arif Prasetyo UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Khusnul Fajriyah UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Fajar Cahyadi UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Keywords:

menggambar, seni rupa, kreatifitas, karya siswa

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah karena kegiatan pembelajaran seni budaya dan ketrampilan di SD Negeri 03 Banjarejo yang kurang menarik. Pada kegiatan menggambar, siswa hanya disuruh menggambar bebas dengan tema yang selalu sama dari tahun ke tahun. Dengan demikian siswa kurang mendapatkan sarana untuk mengembangkan kreativitasnya. Fokus penelitian dalam penelitian  ini adalah Bagaimana hasil karya siswa dalam membuat karya seni lukis pada saat mengikuti pembelajaran seni rupa di SD Negeri 03 Banjarejo kabupaten Blora? Tujuan penelitian ini disesuaikan dengan rumusan masalah yaitu Untuk menganalisis ekspresi kreativitas seni lukis pada pembelajaran seni rupa dari hasil karya siswa  SD Negeri 03 Banjarejo kabupaten Blora. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Setting penelitian adalah SD Negeri 03 Banjarejo. Sumber data adalah kepala sekolah , guru dan siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan hasil penilian karya siswa. hasil yang diperoleh siswa pada pembelajaran menggambar tergolong baik. Selama dua kali dilakukan pengamatan terfokus diperoleh karya sebanyak 84 karya, dengan rincian 20 karya pada pengamatan terfokus 1 dan 21 karya pada pengamatan terfokus 2. Rata-rata nilai yang diperoleh pada pengamatan terfokus 1 dan 2 adalah 71,5 dengan kategori baik. dapat disimpulkan bahwa kualitas visual karya siswa mengalami peningkatan. Hasil karya yang telah dibuat siswa dapat menunjukkan bahwa kegiatan menggambar Ekpresi kreatifitas siswa dapat meningkatkan kreatifitas dan daya imajinasi siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah Dengan demikian peneliti memberi saran agar pendidik harus menentukan media berkarya yang sama pada semua siswa. Hal ini agar siswa mendapat peluang yang sama untuk memperoleh hasil karya yang baik dan menyarankan agar pendidik sering memperlihatkan contoh - contoh karya seni rupa untuk menambah referensi siswa serta menambah pengalaman estetis siswa. Sehingga ketika berkarya siswa sudah mempunyai banyak pandangan tentang ide dan gagasan.

Downloads

Published

2019-10-24

Issue

Section

Articles