ANALISIS MINAT LITERASI BACA DAN TULIS SISWA KELAS IV SD NEGERI PANDEAN LAMPER 04

Authors

  • Fitriani Sulistyowati UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Mudzanatun Mudzanatun UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Fajar Cahyadi UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Keywords:

literasi, minat, membaca, menulis

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah gerakan literasi baca dan tulis yang diterapkan di SD Negeri Pandean Lamper 04 Semarang khususnya siswa kelas IV. Peneliti melihat bahwa siswa kelas IV jarang sekali mengunjungi perpustakaan. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah minat literasi baca dan tulis siswa kelas IV SD Negeri Pandean Lamper 04 Semarang ? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana minat literasi baca dan tulis siswa kelas IV SD Negeri Pandean Lamper 04 Semarang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode observasi, angket, dan dokumentasi kemudian diolah secara triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat literasi baca dan tulis siswa kelas IV SD Negeri Pandean Lamper 04 Semarang masih tergolong lemah. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi, angket yang diisi oleh siswa dan orangtua juga dokumentasi yang dikumpulkan oleh peneliti menunjukkan bahwa siswa kelas IV akan melakukan kegiatan baca dan tulis jika diminta oleh guru mereka. Tidak ada keinginan dari siswa sendiri untuk melakukan kegiatan membaca atau menulis. Berdasarkan penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah sekolah hendaknya meningkatkan kinerja perpustakaan juga menjalin kerjasama antara perpustakaan, guru kelas dan orangtua siswa untuk meningkatkan minat literasi baca dan tulis.

Downloads

Published

2019-10-24

Issue

Section

Articles