KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI DADIREJO 01 PATI

Authors

  • Aprilia Ninda Permatasari UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • A.Y. Soegeng Ysh UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Ikha Listyarini UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Keywords:

keefektifan, make a match

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru hanya menggunakan metode diskusi, penugasan dan ceramah, guru juga kurang inovatif dalam menggunakan model pembelajaran dan peserta didik masih kesulitan dalam memahami materi yang dijelaskan oleh guru karena merasa jebuh dan bosan. Masih banyak peserta didik yang memiliki nilai di bawah KKM yaitu 65. Rumusan masalah yang diungkap dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan model make a match efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Dadirejo 01 Pati?”. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui apakah model pembelajaran make a match efektif terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri Dadirejo 01 Pati. Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Dalam penelitian ini mengguankan bentuk desain penelitian true eksperimental design (eksperimen yang betul-betul) bentuk posttest-only control design. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes (posttest), wawancara dan dokumentasi.

            Hasil pada penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan signifikan hasil belajar antara peserta didik pada kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran make a match dengan peserta didik pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional materi penjumlahan pecahan kelas IV SD Negeri Dadirejo 01 Pati tahun pelajaran 2019/2020. Dari hasil analisis data uji hipotesis dengan menggunakan uji t yaitu thitung ≥ ttabel yaitu 2,690 ≥ 2,0244. Jadi ada perbedaan hasil belajar antara pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran make a match dengan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan pecahan. Artinya hasil belajar peserta didik kelas eksperimen IVA lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik kelas kontrol IVB.

Downloads

Published

2019-10-24

Issue

Section

Articles