PERSEPSI GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP PEMBELAJARAN IPS

Authors

  • Mira Azizah Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Persepsi, Guru, Pembelajaran IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi guru terhadap pembelajaran IPS dan implementasi pembelajaran IPS di SDIT Ulul Albab 2 Purworejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian terdiri atas informan, dokumen, dan perilaku yang dikumpulkan melalui teknik wawancara mendalam, dokumentasi, dan observasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan teori, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif model interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa IPS dipandang sebagai mata pelajaran yang berkaitan dengan sosial, mata pelajaran tentang permasalahan sosial, dan mata pelajaran yang membekali siswa dengan perilaku sosial yang tinggi terhadap lingkungannya. Pada implementasi pembelajaran IPS, guru tidak membuat perangkat pembelajaran sendiri. Metode yang dipandang efektif antara lain diskusi kelompok, meringkas, dan ceramah. Penilaian dalam pembelajaran IPS juga masih memfokuskan pada aspek kognitif. Kesimpulannya, persepsi guru terhadap IPS di SDIT Ulul Albab 2 Purworejo yang terbentuk dari proses eksternalisasi, objektivasi, dan internalisasi yang berbeda-beda dipengaruhi oleh latar belakang pendidikan, pengalaman, dan nilai sosial budaya guru. Penafsiran guru terhadap IPS mempengaruhi implementasi pembelajaran IPS.

Downloads

Published

2019-10-24

Issue

Section

Articles