PENGEMBANGAN E-MAGAZINE DALAM PEMBELAJARAN KELAS V SD KOTA SEMARANG

Authors

  • Achmad Darmawan Universitas PGRI Semarang
  • Henry Januar Saputra
  • Ikha Listyarini

Keywords:

Research and Development, hasil uji, metode pengembangan

Abstract

Penelitian ini menggunakan  Pengembangan atau Research and Development (R&D).  Tujuan dari penelitian ini yaitubahwa media yang mengintegrasikan teknologi masih jarang digunakan, karena dalam proses belajar mengajar tidak tersedianya waktu guru dalam menyiapkan media yang akan digunakan sehingga penggunaan media dengan mengintegrasikan teknologi kurang maksimal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum adanya media Subtema 3 Pentingnya menjaga asupan makanan sehat, pembelajaran yang sesuai dengan pemanfaatan teknologi dan informasi untuk mendukung pembelajaran saintifik, Bagaimana kevalidan pengembangan e-magazine Subtema 3 Pentingnya menjaga asupan makanan sehat yang layak digunakan sebagai media pembelajaran. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode metode penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek penelitian ini melibatkan peserta didik dan guru kelas V Sekolah Dasar dengan mengambil 1 sample Sekolah Dasar yaitu SD Muhammadiyah Plus Semarang. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuisioner, dan dokumentasi. uji validasi materi mendapat persentase sebesar 89% dengan kriteria “Sangat Layak”. Sedangkan untuk hasil uji validasi media mendapat persentase pada komponen kelayakan kegrafikan sebesar 78% dengan kriteria “ Layak”. Berdasarkan hasil uji kepraktisan menunjukkan bahwa bahwa media e-magazine merupakan media pembelajaran yang praktis sehingga media pembelajaran ini dapat diterima dan layak digunakan dalam pembelajaran di sekolah.

Author Biographies

Achmad Darmawan, Universitas PGRI Semarang

PGSD

FIP

UPGRIS

Henry Januar Saputra

PGSD FIP UPGRIS

Ikha Listyarini

PGSD FIP UPGRIS

Downloads

Published

2023-10-16