KEPRAKTISAN MEDIA MONOPOLI PUISI (MONOPUS) DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH DASAR
Keywords:
Monopoli, bahasa indonesia, puisiAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Kepraktisan pengembangan media Monopoli Puisi (Monopus) Materi Puisi Bahasa Indonesia siswa kelas IV sekolah dasar. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analisysis, Design, Development, Implementation, and Evalution). Sumber Data dibagi menjadi dua yaitu data primer berupa wawancara dan data sekunder berupa jurnal dan buku. Berdasarkan pengembangan yang dibuat kepraktisan media monopoli puisi (monopus) ini adalah media yang fleksibel, mempermudah guru menjelaskan materi, mempermudah siswa memahami materi, tidak mudah rusak, dan merupakan media berbasis games menyesuaikan perkembangan jaman. Hasil penilaian angket media respon guru memperoleh persentase 95%, materi angket respon guru memperoleh persentase 98% dan hasil penilaian angket respon siswa kelas 4a memperoleh persentase 88% dan penilaian angket respon kelas 4b memperoleh persentase 91,125%. Kesimpulannya bahwa media monopoli puisi (monopus) berbasis games termasuk dalam kategori sangat baik dan sangat layak yang telah memenuhi praktis.